Jembatan Ropang Ditimbun Dedak

oleh -19 Dilihat

Penanganan sementara yang dilakukan di jembatan Ropang

 

BERITA SUMBAWA

SUMBAWA- Jembatan penghubung tiga desa di Kecamatan Ropang, putus diterjang banjir beberapa waktu lalu. Akibatnya, akses menuju sejumlah desa di kecamatan tersebut sempat terputus. Namun, warga menimbun jembatan tersebut menggunakan dedak. Sehingga bisa dilewati sementara.

Muhammad Nurhidayat, ST

Plt. Kepala BPBD Kabupaten Sumbawa, Muhammad Nurhidayat, ST mengatakan, pihaknya sudah turun ke lokasi untuk melakukan pemantauan. Penanganannya telah dilakukan oleh masyarakat. Adapun kondisinya, plat jembatan tersebut miring. Namun belum putus seluruhnya. “Air masih bisa lewat, hanya plat jembatannya yang miring. Jadi, kemiringannya ini yang ditimbun oleh masyarakat,” ujar Dayat, akrabnya disapa.

Adapun timbunan yang digunakan adalah dedak. Karena, jika menggunakan tanah, dikhawatirkan plat yang miring tersebut akan langsung patah. Mengingat berat beban timbunan. Karena itu, warga menggunakan dedak sebagai timbunan. Sementara landasan jembatannya menggunakan kayu.

Meskipun demikian, menurut Dayat, harus ada penanganan segera. Karena dikhawatirkan membahayakan masyarakat yang melintas.

kehilangan

Karena itu, pihaknya berencana membangun jembatan darurat dengan kerangka baja. Surat permohonannya sudah dilayangkan ke Bupati Sumbawa. Namun, saat ini dananya belum dicairkan. Ketika dananya cair, maka akan langsung dikerjakan. Bersamaan dengan penanganan Jembatan Cinta di Kecamatan Alas.

Dijelaskan, jembatan kerangka baja itu sistemnya bisa bongkar pasang. Apabila sudah selesai digunakan di suatu tempat, akan langsung dibongkar. Jadi bisa digunakan untuk di lokasi yang lainnya. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.