Bulog Pastikan Beli Gabah Sesuai HPP Yang Sudah Ditetapkan

oleh -17 Dilihat

Sumbawa- Dalam pembelian gabah petani, BULOG telah memiliki standar harga sendiri. Sesuai ketentuan, harga pembelian pemerintah (HPP) gabah yakni Rp 4.200 hingga Rp 4.250 perkilogram.

Pimpinan Cabang Perum BULOG Cabang Sumbawa, Kurnia Rahmawati mengatakan, pemerintah menegaskan BULOG dalam rangka ketahanan pangan. Sesuai Peraturan Presiden Nomor 48 Tahun 2016 tentang Penugasan BULOG dalam Rangka Ketahanan Pangan Nasional, juncto Peraturan Presiden Nomor 20 tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 48 Tahun 2016.

Ketahanan Pangan yang dimaksud disini adalah untuk melaksanakan kebijakan pengadaan pangan melalui pembelian gabah dan beras. Tentunya pembelian mengacu pada HPP. Juga melaksanakan ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga beras medium di tingkat konsumen. Dengan mengunakan Cadangan Beras Pemerintah.

Adapun HPP mengacu pada Permendag Nomor 24 Tahun 2020 tentang Penetapan Harga Pembelian Pemerintah untuk Gabah atau Beras. Pada Pasal 3 Ayat 1 menyebutkan HPP gabah atau beras sebagaimana dimaksud ditetapkan dengan ketentuan. Seperti, harga pembelian gabah kering panen dalam negeri dengan kualitas kadar air paling tinggi 25 perse dan kadar hampa/kotoran paling tinggi 10 persen, sebesar Rp4.200 perkilogram ditingkat petani. Atau Rp 4.250 perkilogram ditingkat penggilingan.

Harga pembelian gabah kering giling dalam negeri dengan kualitas kadar air paling tinggi 14 persen dan kadar hampa/kotoran paling tinggi tiga persen sebesar Rp 5.250 perkilogram di penggilingan. Atau Rp 5.300 perkilogram di gudang Perum BULOG.

kehilangan

Sementara harga pembelian beras dalam negeri dengan kualitas kadar air paling tinggi 14 persen, butir patah paling tinggi 20 persen, kadar menir paling tinggi dua persen dan derajat sosoh paling sedikit 95 persen sebesar Rp 8.300 perkilogram ditingkat gudang Perum BULOG. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.