Harga Cabai Rawit Melejit

oleh -20 Dilihat

SUMBAWA- Menjelang bukan ramadhan tahun ini, harga komoditi cabai rawit melejit naik. Tidak tanggung-tanggung, harganya tembus Rp 125 ribu perkilogram. Meskipun saat ini harganya di pasaran sudah berangsur turun.

Kepala Dinas KUKM Indag Kabupaten Sumbawa, melalui Kabid Perdagangan, Rudy Lang mengungkapkan, memang terjadi peningkatan harga yang signifikan terhadap komoditi cabai rawit. Hal ini terjadi, karena secara nasional panen kurang berhasil. Sehingga pasukannya menjadi berkurang. “Harganya pekan kemarin tembus Rp 125 ribu perkilogram. Sementara harga normalnya Rp 20 ribu perkilogram,” ujar Rudy.

Kabid Perdagangan, Dinas KUKM Indag Kabupaten Sumbawa, Rudy Lang 

Meski demikian, harganya kini cenderung menurun. Saat ini, harganya sejak Senin (5/4) lalu sudah menginjak Rp 100 ribu perkilogramnya. Persoalan kenaikan harga yang signifikan ini juga terjadi di daerah lain. Sebab, ada keterkaitan antar daerah. “Memang harga saat ini dibandingkan harga normal, masih terhitung mahal. Tapi, ada kecenderungan menurun,” imbuhnya.

Untuk mengantisipasi persoalan ini, biasanya Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa memiliki program. Biasanya dua atau tiga bulan menjelang ramadhan, Dinas Pertanian menanam pohon cabai. Untuk mengantisipasi agar harga komoditi tersebut tidak terlalu melonjak saat ramadhan. Hal ini juga sudah dilakukan sejak tahun sebelumnya.

Meski demikian, harga komoditi pokok utama lain, masih relatif stabil. Seperti beras, gula, terigu dan minyak goreng masih tergolong aman. Untuk komoditi utama, ada cadangan yang dikuasai oleh pemerintah melalui Bulog. Yakni komoditi beras, minyak goreng, terigu dan gula pasir. Jika terjadi lonjakan harga akan dilakukan operasi pasar. Guna menurunkan harga komoditi utama tersebut di pasaran.

Dari pantauan pihaknya sementara ini, komoditi utama tersebut masih tergolong stabil. Sehingga belum perlu dilakukan operasi pasar. (bs/mei)

kehilangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.